KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmânirrahîm.
Assalamu’alaikum Warahmatullâhi Wabarâkatuh.
Assalamu’alaikum Warahmatullâhi Wabarâkatuh.
Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita
semua. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw.
pembawa rahmat bagi semesta alam.
Paper ini berjudul “PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCES
PLANNING (ERP) PADA PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (KLIKNKLIK.COM)” yang didalamnya
terdapat pembahasan tentang penjelasan tentang data dan informasi yang ada di
PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com), pengelompokkan informasi yang didapat
di PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com) berdasarkan level manajemen, dan penjelasan
tentang konsep dasar ERP dan penerapannya di PT. PORTAL BIZ NUSANTARA
(kliknklik.com).
Paper ini bertujuan agar perusahaan yang dalam
menghadapi persaingan global harus mampu mengintegrasikan setiap lini dalam
perusahaannya dengan baik. Oleh karena itu diperluakan suatu aplikasi untuk
dapat membantu perusahaan untuk
menjalankan roda bisnisnya menjadi lebih baik. Aplikasi tersebut adalah
Enterprise Resource Planning (ERP).
Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan dalam
penulisan dan semua kesalahan itu
datangnya dari saya karena saya adalah manusia yang tidak luput dari kesalahan
dan kesempurnaan itu datangnya dari Allah SWT. Harapan saya semoga paper ini
dapat berguna bagi pembacanya. Amîn. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullâhi Wabarâkatuh.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
...................................................... 1
DAFTAR
ISI ..................................................................... 2
1.1.
LATAR BELAKANG ............................................ 3
1.2.
RUMUSAN MASALAH ........................................ 3
1.3.
TUJUAN
................................................................ 4
II.
PEMBAHASAN ............................................................... 5
2.1.
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ............... 5
2.2.
DATA DAN INFORMASI ..................................... 5
2.3.
PENGELOMPOKKAN INFORMASI
BERDASARKAN LEVEL MANAJEMEN .......... 8
BERDASARKAN LEVEL MANAJEMEN .......... 8
2.4.
ENTERPRISE RESOURCES PLANNING(ERP) . 10
2.5.
IMPLEMENTASI ERP DENGAN SOFTWARE
ACCURATE 4 ........................................................ 11
ACCURATE 4 ........................................................ 11
III. KESIMPULAN ................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA ...................................................... 14
I. PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Globalisasi dunia telah membuat jaringan bisnis semakin meluas. Wilayah
konsumen dari sebuah perusahaan tidak lagi hanya berasal dari satu region
melainkan dari seluruh dunia. Hal utama yang perlu diberikan perusahaan kepada
setiap pelanggannya dalam menghadapi globalisasi dunia bisnis adalah kemudahan
untuk mendapatkan informasi tanpa harus terhambat oleh masalah waktu dan jarak.
Teknologi Informasi dapat menyelesaikan masalah tersebut, oleh karena itu kita
mengenal sebutan “teknologi tanpa batas” untuk Teknologi Informasi.
Perusahaan awalnya menggunakan komputer sebagai Sistem Informasi Akutansi
(SIA) tapi kemudian disadari memiliki nilai potensi sebagai suatu Sistem Informasi
Manajemen (SIM). Selanjutnya perhatian meluas pada Sistem Pendukung Keputusan (Decision
Support System) DSS, kantor virtual (virtual office), Perencanaan Sumber Daya
Perusahaan (Enterprise Resources Planning) ERP dan sistem berbasis pengetahuan
(knowledge-based system). Keenam bidang aplikasi ini membentuk sistem informasi
berbasis komputer (Computer Based Information Sistem) CBIS.
1.2.
RUMUSAN MASALAH
1.
Data apa saja yang diperlukan untuk dapat
mengimplementasikan ERP di PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com)
2.
Informasi apa saja yang akan dihasilkan dari
penggunaan ERP di PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com) serta
pengelompokkannya
3.
Mengenal konsep dasar ERP dan bagaimana implementasinya
di PT. PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com)
4.
Software Accounting apa yang dipakai di PT.
PORTAL BIZ NUSANTARA (kliknklik.com)
1.3.
TUJUAN
Dunia
bisnis saat ini menuntut perusahaan untuk dapat mengelola informasi dengan baik,
sehingga kebutuhan informasi masing–masing pihak yang berkepentingan (bukan
hanya konsumen) dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Teknologi Informasi
dapat mengotomatisasi proses pengelolaan informasi dari mulai memasukkan
informasi, menyimpan, dan memperbaruinya setiap saat sehingga setiap orang bisa
mendapatkan informasi terbaru dan melakukan analisis dengan mudah. Oleh karena
itu proses penyampaian pesan, informasi, maupun pengetahuan dapat lebih cepat,
mudah dan dijamin up to date. Maka dari itu model ERP akan memudahkan
kebutuhan-kebutuhan tersebut. Oleh sebab itu kami akan mengimplementasikan ERP
pada PT. PORTAL BIZ NUSANTARA dengan kebutuhan kebutuhan itu. Diharapkan dengan
implementasi dari ERP ini dapat memudahkan proses kerja dari perusahaan.
II. PEMBAHASAN
2.1.
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
PT. PORTAL BIZ NUSANTARA atau Kliknklik.com merupakan kombinasi
antara web store dengan retail store elektronik terlengkap di Indonesia dengan
beberapa toko cabang yang tersebar di beberapa area seperti di Jakarta, Bekasi,
Depok, Tanggerang, Bandung dan Yogyakarta. Dengan tersebarnya toko cabang
kliknklik di beberapa kota besar tersebut dapat memudahkan konsumen untuk
bertransaksi secara online maupun offline.
Kliknklik.com menjual beberapa kategori produk, seperti Laptop,
Ultrabook, PC desktop, Aksesoris elektronik (kamera, tablet, laptop dan PC
desktop), PC tablet, Smartphone, Kamera, Printer, Scanner, Software, Tas
laptop, dan masih banyak lagi. Kliknklik tidak hanya merupakan perusahaan
penyedia laptop, notebook, netbook dan komputer terlengkap bagi para konsumen
elektronik di Indonesia, tapi juga memberikan kemudahan bagi para individu atau
retailers untuk menemukan harga termurah, pelayanan tercepat dan kualitas
barang terbaik dengan cara yang sangat efektif.
Kliknklik selain menyediakan laptop dari berbagai merk ternama juga
menyediakan komputer desktop, printer, aksesoris, peripheral juga tas laptop
untuk memudahkan aktivitas one stop shopping online para konsumen elektronik di
Indonesia.
2.2.
DATA DAN INFORMASI
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan
masih bersifat mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa
berwujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun
simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat
lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Sedangkan, Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model,
formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki
nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang
menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi
adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa
disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti,
yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi.Informasi memiliki
arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk
lisan maupun tertulis. Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun
lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Berikut adalah tabel perbedaan dari Data dan Informasi:
DATA
|
INFORMASI
|
Bersifat
mentah
|
Hasil
olahan yang lebih berguna
|
Untuk
pengolahan lebih lanjut
|
Untuk
acuan mengambil keputusan
|
Belum
jelas isinya dan belum sempurna
|
Sumber
pemahaman yang telah sempurna
|
Gambar diatas adalah salah satu contoh data dan informasi yang ada
di kliknklik.com, data stok laptop dipadukan dengan harga menghasilkan sebuah
informasi daftar harga laptop yang dijual/tersedia di kliknklik.com, informasi
ini berguna bagi customer yang ingin membeli laptop di kliknklik.com. Dibawah
ini penjelasan lebih lengkap data dan informasi apa saja yang ada di kliknklik.com.
DATA
|
INFORMASI
|
KNOWLEDGE
|
·
Data nama pegawai kliknklik.com
·
Data jam kerja pegawai kliknklik.com
|
·
Laporan
gaji pegawai kliknklik.com
|
Untuk :
·
Manager
·
HRD
·
Accounting
|
·
Data stok barang
|
·
Daftar
harga (pricelist)
|
Untuk :
·
Customer
·
Sales
|
·
Laporan stok toko
|
Untuk :
·
Supervisor
·
Sales
|
|
·
Data customer
|
·
Laporan penjualan toko
|
Untuk :
·
Accounting
·
Supervisor
·
Sales
|
·
Laporan service
|
Untuk :
·
Service Center
·
Supervisor
|
|
·
Data cabang toko kliknklik.com
|
·
Laporan stok global
·
Laporan mutasi barang
|
Untuk :
·
Manager
·
Supervisor
·
Gudang
|
·
Laporan penjualan global
|
Untuk :
·
Manager
·
Accounting
|
|
·
Laporan pembelian barang
|
Untuk :
·
Accounting
·
Manager
·
Gudang
|
|
·
Persediaan kas
|
Untuk :
·
Accounting
·
Supervisor
|
|
·
Aset tetap
|
Untuk :
·
Manager
·
Supervisor
|
|
·
Laporan pengeluaran toko
|
Untuk :
·
Accounting
·
Supervisor
|
|
·
Laporan pengeluaran global
|
Untuk :
·
Manager
·
Accounting
|
2.3.
PENGELOMPOKKAN INFORMASI BERDASARKAN LEVEL
MANAJEMEN
Pada umumnya manajer memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu
melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta
penyusunan staf namun dari sisi tingkat atau level manajemen dapat dibagi
menjadi tiga / 3 macam, yakni :
1.
Manajer
Puncak / Top Manager
Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan
keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan,
keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer
puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
2.
Manajer
Menegah / Middle Manager
Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan
manajer bawah. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan
serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
3.
Manajer
Bawah / Lower Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau
supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang
telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik.
Manajer bawah juga memiliki andil dan turut serta dalam proses
pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan.
Berikut pengelompokkan informasi yang ada di kliknklik.com menurut
level manajemen :
TOP/SENIOR
|
MIDDLE
|
LOWER
|
Laporan stok
global
|
Laporan gaji
pegawai
|
Daftar harga
(pricelist)
|
Laporan
penjualan global
|
Laporan
penjualan toko
|
Laporan stok
toko
|
Laporan
pembelian barang
|
Laporan
mutasi barang
|
Laporan
service
|
Laporan
pengeluaran global
|
Persediaan
kas
|
Laporan
penjualan toko
|
Laporan
penjualan toko
|
Aset tetap
|
Laporan
pengeluaran toko
|
Laporan
pengeluaran toko
|
2.4.
ENTERPRICE RESOURCES PLANNING (ERP)
ERP atau Enterprise Resources Planning atau dalam bahasa Indonesia
Perencanaan Sumber Daya Perusahaan yaitu sebuah sistem informasi yang digunakan
oleh sebuah perusahaan barang ataupun jasa yang berguna untuk mengintegrasikan
semua proses jalannya perusahaan dari segala aspek baik proses produksi, proses
operasional, proses distribusi, dan segala proses lainnya dari produk ataupun
jasa dari perusahaan tersebut, dengan ERP kita dapat mengintegrasikan pekerjaan
atau aktivitas perusahaan dalam satu wadah. Yang tentunya di zaman globalisasi
ini menuntun segala aspek agar menjadi lebih efektif dan efisien. Maka dari itu
model ERP yang akan kita implementasikan ini dapat berintegrasi secara
otomatisasi melalui konsep teknologi informasi.
Sebenarnya ERP (Enterprise Resource Planning) tidak jauh dari yang
sering kita dengar ‘program accounting’. Dalam perkembangannya ERP mengalami
penyempurnaan dengan memasukkan aspek-aspek lain dalam perusahaan sehingga
tidak hanya mencakup aspek akuntansi dan keuangan, tetapi sudah mencakup
produksi, pembelian, penjualan, HRD, payroll, pajak dsb. Intinya, dengan ERP
memungkinkan kita mengintegrasikan pekerjaan / aktivitas perusahaan dalam satu
wadah.
Satu wadah itu bisa berbicara mengenai satu tujuan, satu database,
satu bahasa, satu istilah, satu program, satu aturan main yang dipakai untuk
melakukan semua aktivitas. Contoh sederhananya, item yang dijual ‘item no.
1′ dipergunakan dalam penawaran oleh salesman bagi customernya, ‘item no.
1′ tersebut selanjutnya dipergunakan oleh bagian sales admin untuk dipakai
dalam penerbitan Sales Order, demikian juga dengan bagian produksi, logistik,
pembelian, pengiriman, penagihan, akuntansi, keuangan, managemen. Dengan
kesepakatan ‘satu’ ini diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman, salah ketik,
salah jumlah, pengulangan pekerjaan dsb. Demikianlah dengan integrasi
system niscaya kinerja perusahaan dapat ditingkatkan menjadi lebih efisien,
lebih efektif, lebih cepat, lebih tepat dan tentunya berujung pada
lebih profitable.
2.5.
IMPLEMENTASI ERP DENGAN SOFTWARE ACCURATE 4
ACCURATE Accounting Software diciptakan oleh Putera/Puteri Bangsa
Indonesia yang berdiri di bawah bendara PT. Cipta Piranti Sejahtera, lebih
dikenal dengan sebutan CPSSoft, yang berlokasi di Jakarta. ACCURATE Accounting
Software merupakan software pertama yang dikembangkan oleh CPSSoft. Dalam
mengembangkan software, CPSSoft selalu menggunakan pinsip dasar 3 M, yaitu
Murah, Massal , dan ber-Manfaat.
Berkat masukan dari user dan mengikuti perkembangan dunia usaha di
Indonesia ACCURATE selalu membenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan
tersebut. Hingga sekarang telah release versi 4. Pemunculan versi 4 ini
tentunya memberikan beberapa kemudahan baru bagi user dalam menerapkan sistem
akuntansinya ke dalam ACCURATE.
Beberapa modul yang terdapat di ACCURATE 4 antara lain:
1.
Sales/Account
Receivable
Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Sales Return, Customer Receipts
Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Sales Return, Customer Receipts
2.
Purchase/Account
Payable
Purchase Order, Receive Item, Purchase Invoice, Purchase Return, Vendor Payment
Purchase Order, Receive Item, Purchase Invoice, Purchase Return, Vendor Payment
3.
Item
& Inventory
Item, Warehouse, Inventory Adjustment, Item Price Adjustment, Grouping, Item Transfer, dan Job Costing.
Item, Warehouse, Inventory Adjustment, Item Price Adjustment, Grouping, Item Transfer, dan Job Costing.
4.
General
Ledger
Company Information, Company Preference, Journal Voucher, General Ledger
Company Information, Company Preference, Journal Voucher, General Ledger
5.
Cash
& Bank
Other Deposit, Other Payments, Bank Transfer, Reconcile, Bank Book
Other Deposit, Other Payments, Bank Transfer, Reconcile, Bank Book
6.
Fixed
Asset
Fiscal Fixed Asset Type, Fixed Assets Types, Fixed Asset List.
Fiscal Fixed Asset Type, Fixed Assets Types, Fixed Asset List.
7.
Manufacturing
Item Standart Cost, Standart Convension Cost, Bill Of Material, Work Order, Work Order Execution, Material Release, Material Adjustment, Product And Material Result, Cancel Production.
Item Standart Cost, Standart Convension Cost, Bill Of Material, Work Order, Work Order Execution, Material Release, Material Adjustment, Product And Material Result, Cancel Production.
Dibawah ini
contoh screenshot software ACCURATE 4
III.
KESIMPULAN
Dengan penerapan ERP di kliknklik.com akan mendapatkan banyak
manfaat diantarnya : efisiensi waktu, biaya, tenaga, dan sebagai sarana belajar
bagi para karyawan untuk meninggalkan budaya kerja lama. Budaya kerja lama yang
dimaksud salah satunya adalah kebiasaan karyawan melempar tanggung jawab bila
terjadi suatu kesalahan dalam proses kerja. Padahal yang seharusnya dilakukan
adalah mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan yang terlanjur terjadi.
Kontribusi ERP dalam hal ini adalah membantu pelaksanaan dan
pendokumentasian komunikasi internal antar karyawan. Dengan adanya
pendokumentasian ini, kita dapat memantau dan mengendalikan kinerja setiap
proses. Untuk selanjutnya tinggal dipikirkan tindakan perbaikan dan pencegahan
yang seharusnya dilakukan.Kelancaran proses kerja sebagai hasil dari penerapan
ERP dapat membantu perusahaan memenuhi keinginan pelanggan sehingga perusahaan
dapat mencapai kepuasan pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
Consultants, AIMS. Manfaat Penerapan ERP. http://www.aimsconsultants.com/news
/articles/14-manfaat-penerapan-erp. Diakses pada tanggal 1
Januari 2014.
Kliknklik.com.
Pricelist laptop. http://kliknklik.com/pricelist/laptop_pl/. Diakses pada
tanggal 1 Januari 2014.
Kliknklik.com.
Tentang kami. http://kliknklik.com/content/4-tentang-kami. Diakses pada
tanggal 1 Januari 2014.
Ratih. (2009). LEVEL-LEVEL MANAJEMEN. http://dewisri-sim.blogspot.com/2009/11
/level-level-manajemen_19.html. Diakses pada tanggal 6
Januari 2014.
No comments:
Post a Comment